10 Wisata Fjord yang Harus Dicoba di Norwegia

Belum dianggap ke Norwegia kalau tidak ikut tur menyusuri fjord.

Norwegia dikenal sebagai Negara Seribu Fjord. Tak lain karena di negara Skandinavia ini terdapat kurang lebih 1.190 fjord. Fjord sendiri adalah sebuah teluk sempit yang menjorok jauh sekali ke daratan, dan di kanan-kirinya dipagari dinding-dinding pegunungan yang menjulang tinggi. Fjord ini terbentuk dari glacier atau lapisan es yang menumpuk selama ribuan tahun. Di Zaman Es Terakhir, glacier ini mencair dan bergerak menggerus tanah di bawahnya, sehingga tercipta lembah yang sangat dalam, sementara kanan-kirinya berubah menjadi dinding gunung terjal.

Seperti halnya danau atau sungai yang besar, fjord ini tidak berombak, sehingga menyenangkan untuk wisata cruise ataupun dengan kapal katamaran. Meski, ada juga fjord yang berarus kuat, dan mempunyai kedalaman hingga 1.500 meter. 

Selama menyusuri fjord, kita akan disuguhi bentang alam pegunungan Norwegia yang menakjubkan, tikungan dan lekukan alur fjord yang sempit, serta air terjun yang seperti mencurah dari langit. Kita juga bisa menemukan anjing laut, lumba-lumba, elang botak, walrus, dan kalau beruntung, paus bungkuk. Tak ketinggalan, desa-desa terpencil dengan rumah-rumah kayunya yang cantik berwarna-warni.

Berikut ini rekomendasi 10 fjord yang patut dicoba di Norwegia. Jangan lupa, siapkan baju musim dingin berwarna cerah, dan… kamera!

1. Geirangerfjord

Ini fjord paling terkenal di Norwegia, dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Fjord ini bisa dilayari sepanjang tahun. Pemandangan indahnya mencakup air terjun berjejer tujuh (Seven Sisters Waterfalls) dan air terjun cadar pengantin (The Bridal Veil). Titik awal susur fjord ini dari kota Alesund. Setelah menyusuri tiga fjord -Stortfjord, Sunnylvsfjord, dan Geirangerfjord- dengan total panjang 120 kilometer, kita akan sampai ke desa Geiranger. Tergantung paket yang dipilih, kita bisa ikut perjalanan pulang, atau menginap dulu di Geiranger.

Geirangerfjord

 

2. Naeroyfjord

Fjord dengan pemandangan gunung-gunung tinggi ini juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Fjord yang bisa dilayari sepanjang tahun ini berada di wilayah Sogn og Fjordane yang memiliki desa-desa kecil yang indah, dengan desa Gudvangen sebagai ujungnya. Kita bisa mengikuti tur fjord ini dari desa Flam menuju Gudvangen dengan menyusuri dua fjord, yakni Aurlandsfjord dan Naerofjord, seperti pada paket tur ini. Bisa juga mengikuti tur yang melalui Sognefjord dari kota Bergen.

Desa Flam ini sangat terkenal karena menjadi titik akhir kereta api Flamsbana dengan jalurnya yang menurun tajam dari kota Myrdal, dengan pemandangan spektakuler fjord dan pegunungan sepanjang perjalanan.

Naeroyfjord

 

3. Sognefjord

Ini adalah fjord terpanjang di Norwegia, yaitu 205 kilometer, dan bagian terlebarnya mencapai 6 kilometer. Fjord ini mengalir dari Laut Norwegia jauh ke dalam daratan, dan menjadi induk dari banyak cabang fjord, termasuk Naerofjord dan Aurlandsfjord. Air fjord ini tenang dan sebening kaca, dan kedalaman fjord ini bisa mencapai 1.300 meter.

Sognefjord

 

4. Hardangerfjord

Hardangerfjord ini salah satu fjord terbesar di dunia, dan dikenal karena kebun buah-buahan yang indah di sepanjang tepiannya. Untuk mengikuti tur fjord ini bisa dari kota Bergen, atau dari Rosendal, sebuah desa di muara Hardangerfjord yang mempunyai pantai pasir putih dan kastil Barony dengan taman mawarnya yang indah. 

Tur fjord ini akan berakhir di desa Odda. Dari sini, kita bisa hiking ke Trolltunga (lidah troll), sebuah bukit lancip di ketinggan 1.100 meter dengan pemandangan lepas fjord yang jauh di bawahnya, dan menjadi spot wajib untuk berfoto-foto. 

Hardangerfjord

 

5. Lysefjord

Lysefjord, salah satu percabangan Stavangerfjord, dikenal karena bebatuan pegunungannya yang unik, seperti Preikestolen alias batu mimbar. Bukit batu yang luas ini datar seperti namanya, ‘mimbar’, sehingga wisatawan sering berjemur di sini saat musim panas. Juga ada Kjerag, sebuah bukit yang tegak lurus vertikal di atas fjord. Uniknya lagi di Kjerag ini ada sebuah batu bulat yang ‘nyangkut’ di celah antara dua bukit, dan menjadi spot foto-foto bagi wisatawan yang punya nyali. 

Lysefjord

 

6. Fjaerlandsfjord

Fjord ini terhubung dengan Sognefjord dan dikelilingi oleh pegunungan dan glacier. Fjord ini cocok bagi wisatawan yang lebih menyukai suasana tenang dan damai. Keunikan Fjaerlandsfjord terletak pada lingkungannya yang alami, dengan desa-desa kecil yang menawarkan suasana tradisional Norwegia. 

Fjaerland sendiri adalah desa kecil yang memiliki sejumlah toko buku antik dengan koleksi buku-buku langka. Di desa ini ada Museum Glacier Norwegia, dan tak ketinggalan pemandangan Jostedalsbreen, yang diklaim sebagai glacier terbesar di Eropa. Dengan mengikuti tur glacier berpemandu, kita bisa mendapatkan pengalaman tak terlupakan menjelajahi dunia es abadi yang megah di sini.

Fjaerlandsfjord

 

7. Hjorundfjord

Hjorundfjord punya panjang 35 kilometer dan menawarkan pemandangan Pegunungan Sunnmore Alps yang mencapai tinggi 1.700 meter, serta suasana yang lebih sepi. Ini menjadikan Hjorunfjord pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin merasakan ketenangan alam Norwegia. Hjorundfjord dapat diakses dari desa Oye, melalui kota Alesund. Dalam perjalanan menyusuri fjord ini, kita bisa mampir dan mencoba ayunan di Trandal, yang disebut-sebut sebagai ayunan paling instagramabel di dunia.

Hjorundfjord

 

8. Romsdalsfjord

Romsdalsfjord terletak di wilayah More og Romsdal, dan menawarkan pemandangan lansekap pegunungan dan air terjun yang spektakuler. Fjord ini menjadi jalur masuk ke kota Andalsnes yang terletak di persimpangan dekat mulut fjord yang lebih kecil. Di kota ini terdapat Rampestreken, sebuah dek pandang di ketinggian, yang menawarkan pemandangan kota Andalsnes di bawahnya dan percabangan fjord serta pegunungan yang menjulang berselimut salju di kejauhan.

Romsdalsfjord

 

9. Trondheimsfjord

Fjord yang terletak di wilayah Trondelag ini juga salah satu yang terpanjang di Norwegia. Fjord ini berawal dari Laut Norwegia yang menjorok jauh ke dalam daratan hingga ke Trondheim, kota terbesar di wilayah ini. Dari Trondheim kita bisa menjelajah Trondheimsfjord yang lebih jauh, dengan pemandangan indah dan banyak atraksi sejarah dan budaya. 

Trondheim sendiri merupakankota terbesar ketiga di Norwegia. Di sini terdapat Katedral Nidaros, gereja terpenting di Norwegia, Istana Uskup Agung, dan tentu saja, rumah-rumah kayu tradisional warna-warni di sepanjang tepi fjord. Trondheim juga dikenal sebagai kota pelajar, karena ada Universitas Sains dan Teknologi Norwegia di kota ini.

Trondheimsfjord

 

10. Boknafjord

Boknafjord terletak di wilayah Rogaland di Norwegia Barat Daya. Keunikan fjord yang luas dan bermuara ke Laut Norwegia ini karena banyaknya pulau-pulau kecil dengan pantainya yang indah. Boknafjord bisa diakses dari beberapa kota di sekitarnya, seperti Stavanger dan Haugesund.

Boknafjord

Karena jumlahnya yang begitu banyak dan setiap fjord punya daya tariknya sendiri-sendiri, setiap wisatawan yang pernah ikut tur fjord pasti punya fjord favoritnya sendiri. Yang jelas, untuk menyusuri semua fjord dalam daftar ini saja mungkin perlu dua atau tiga kali mengunjungi Norwegia. 

Penulis: Teguh Sudarisman

Copyrights © 2022 Obaja Tour. All Rights Reserved