10 Tempat untuk Menikmati Winter Wonderland di Copenhagen

Sebagai kota yang pernah menyandang gelar ‘Europe’s Coolest City’, Copenhagen menjadi tujuan utama wisata dunia, terlebih di saat winter.

Copenhagen sering disebut sebagai Christmaslandia saking kerennya suasana winter di sini, layaknya kota dongeng di film-film Disney. Dengan pusat kotanya yang tidak terlalu besar dan jalan-jalan batunya yang nyaman, menjelajahi berbagai pusat keramaian di sini menjadi sangat menyenangkan. Berikut ini 10 tempat yang sangat direkomendasikan para tralever untuk dikunjungi kalau hendak berlibur saat musim dingin di Copenhagen.

1. Christiansborg Slot
Istana yang terletak di pusat kota Copenhagen ini sekarang menjadi pusat pemerintahan Denmark, dan beberapa bagian istana juga masih dipergunakan keluarga kerajaan. Istana ini menawarkan tur menjelajahi interior istana yang megah, termasuk ruang perjamuan yang indah dan ruang-ruang bersejarah lainnya.

Salah satu keunikan istana ini  adalah mercusuar terapung yang terletak di sebelahnya, yang cahaya suarnya memantul ke permukaan es dan air di sekitarnya. Dari viewing platform di menara utama istana, kita juga bisa melihat keseluruhan pemandangan kota, yang diselimuti salju saat winter. Selama winter pula, Christiansborg Slot sering mengadakan acara-acara khusus seperti pasar Natal dan konser musik.

Christiansborg Slot

 

2. Stroget
Stroget adalah pusat belanja utama di Copenhagen, setara dengan Oxford Street di London. Stroget menjadi zona pejalan kaki yang panjang dengan berbagai toko, butik, restoran, dan kafe. Jalan ini menjadi tempat yang sempurna untuk berbelanja pakaian, perhiasan, aksesoris, dan barang-barang lainnya dari outlet murah-meriah hingga desainer kelas atas seperti Prada, Max Mara, Louis Vuitton, Mulberry, Hermès, dan lainnya.Stroget juga punya suasana yang hidup, dengan berbagai seniman jalanan dan pertunjukan yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Stroget

 

3. Tivoli Gardens
Taman yang berlokasi dekat Stroget inilah yang membuat Copenhagen menjadi sangat terkenal, terlebih di musim dingin, karena menampilkan nuansa negeri dongeng menjelang Natal. Taman hiburan ini telah menjadi pusat keramaian sejak dibuka tahun 1843, bahkan menjadi ide bagi Walt Disney untuk membuat Disneyland saat berkunjung ke sini tahun 1950.

Bagian amusement park Tivoli Gardens memiliki beragam wahana yang cocok untuk semua usia, mulai dari roller coaster hingga permainan air yang mengasyikkan. Sedangkan pasar malamnya yang luas dipenuhi dengan cahaya lampu yang indah dan dekorasi Natal yang memukau selama musim dingin. Di sini juga sering diadakan konser live, pertunjukan teater, dan acara hiburan lainnya, di samping beragam restoran dan kafe yang menyajikan hidangan khas Denmark.

Tivoli Gardens

 

4. Little Mermaid Statue
Patung Putri Duyung yang menjadi landmark Copenhagen ini terletak di Langelinie, area pelabuhan yang paling indah di Copenhagen untuk berjalan-jalan, dengan kapal-kapal cruise yang besar di bagian paling ujung.

Putri Duyung (Den Lille Havfrue), yang menggambarkan karakter dongeng Hans Christian Andersen ini dibuat tahun 1913 oleh pematung Edvard Eriksen. Meski menggambarkan tokoh dongeng dengan kakinya yang mirip sirip ikan, sebenarnya patung ini adalah gambaran Eline, istri Edvard, yang dia jadikan sebagai modelnya.

Den Lille Havfrue

 

5. Nyhavn
Area di tepi kanal ini dicirikan dengan rumah-rumah tinggi yang berdempetan berwarna-warni, dihiasi karangan bunga dan dahan pinus. Restoran dan kafe berderet-derat menebarkan aroma menggoda dari gløgg dan bratwurst yang mendesis serta aebleskiver yang lembut, membuatnya menjadi tempat ideal untuk makan siang setelah mengunjungi Patung Putri Duyung.
Restaurant Cap Horn -salah satu restoran tertua di Nyhavn- menawarkan hidangan Denmark klasik seperti smørrebrød (roti khas Denmark) dan hidangan laut yang lezat. Restoran Færgekro menawarkan hidangan laut segar seperti udang, ikan salmon, dan hidangan daging. Sedangkan Husmann's Vinstueadalah kafe dengan dekorasi Denmark tradisional, menyajikan aneka hidangan khas Denmark dan bir lokal.

Nyhavn

 

6. National Gallery of Denmark
Disebut juga SMK (Statens Museum for Kunst), museum ini istimewa karena memiliki koleksi seni yang luar biasa, termasuk karya-karya Rembrandt, Rubens, Matisse, dan banyak lagi. Kita akan menemukan berbagai jenis benda seni, mulai dari lukisan hingga patung, serta seni modern dan kontemporer Denmark. Museumnya menempati bangunan abad ke-19, dengan sebuah jembatan kaca yang menghubungkan ke bangunan sayap yang lebih modern. Di belakang museum juga ada sebuah taman yang indah.

National Gallery of Denmark

 

7. Rosenborg Castle
Dari SMK, dengan berjalan kaki kita sampai ke Kastil Rosenborg. Kastil yang pernah menjadi istana raja ini memiliki gaya arsitektur Renaissance Denmark, dengan dinding bata merah, menara-menara, dan Taman Kongens Have yang indah. Daya tarik utamanya adalah koleksi permata keluarga Kerajaan Denmark, seperti mahkota kerajaan, perhiasan, dan benda-benda pusaka yang digunakan para raja Denmark selama berabad-abad. Kita juga dapat menjelajahi berbagai ruangan bersejarah termasuk ruang tidur raja, ruang-ruang perjamuan, dan ruang pribadi raja yang mewah.

Rosenborg Castle

 

8. Rundetårn (Menara Bulat)
Menara ini dibangun Raja Christian IV pada abad ke-17 dan dulu berfungsi sebagai observatorium. Menara berdinding bata merah ini punya bentuk bulat yang sangat khas, karena tidak memiliki tangga menuju puncak. Sebagai gantinya, ada sebuah koridor spiral yang memungkinkan orang naik ke puncak menara dengan lebih landai, sehingga dapat diakses oleh orang dari berbagai usia. Dari puncak menara, kita dapat menikmati pemandangan indah Copenhagen. Meski tidak lagi digunakan untuk tujuan ilmiah, menara ini masih memamerkan alat-alat astronomi kuno yang dulu digunakan untuk observatorium.

Rundetårn (Menara Bulat)

 

9. Amalienborg Palace
Ini adalah tempat tinggal resmi sekaligus pusat kegiatan keluarga Kerajaan Denmark. Istana yang megah ini terdiri dari empat bangunan utama yang mengelilingi sebuah taman dengan patung Raja Frederick V di tengahnya. Wisatawan umumnya datang ke sini menjelang pukul 12 siang, saat terjadi pergantian penjaga istana. Ini adalah atraksi yang sangat populer di Copenhagen, di mana penjaga Kerajaan Denmark yang mengenakan seragam khusus berbaris dan melakukan seremoni pergantian penjaga di depan istana.

Amalienborg Palace

 

10. Frederiksborg Castle
Istana ini berada di Hillerod, sekitar 36 kilometer utara Copenhagen. Kita dapat mengunjunginya dengan naik kereta api atau transportasi umum lain. Terletak di tengah Danau Slotssoen yang indah, istana ini menciptakan lansekap yang megah untuk dijelajahi. Pemandangan istana dari jembatan yang melintasi danau adalah salah satu momen yang paling fotogenik dan memukau di Denmark. Interior istana juga sangat mengesankan dengan ruangan-ruangan yang mewah dan koleksi seni yang luar biasa. Museum Nasional Sejarah Denmark, yang berlokasi di dalam istana ini, memamerkan artefak dan lukisan yang menceritakan sejarah Denmark dari abad pertengahan hingga saat ini.

Frederiksborg Castle

 

Perlu diingat, saat winter Copenhagen akan cukup dingin, sehingga disarankan memakai baju musim dingin yang nyaman, sepatu bot, syal, dan sarung tangan. Matahari terbit sekitar pukul 9 pagi dan sunset sekitar pukul 4 sore. Cek lebih dulu jam buka masing-masing tempat sebelum berangkat. Meski ke-10 tempat ini disusun berdasar urutan waktu kunjungannya agar efisien, namun jangan terlalu bernafsu untuk mengunjungi semuanya dalam satu hari. Santai saja, dan nikmati sepenuhnya suasana winter wonderland di Copenhagen!
 

Copyrights © 2022 Obaja Tour. All Rights Reserved