10 Fakta Unik Hollywood Walk of Fame

Ini ‘jalan bintang’ paling ngetop sedunia. Nggak cuma bisa berfoto dengan plakat bintang sang selebriti. Kalau beruntung, kita bisa bertemu langsung orangnya juga!

Apa yang wajib dilakukan kalau kita liburan ke Hollywood? Jawabannya: ada dua. Pertama, berfoto-foto dengan latar belakang papan nama Hollywood. Kedua, menapakkan kaki dan bertemu selebriti pujaan kita di Hollywood Walk of Fame – sekurangnya dengan plakat bintang mereka.

Hollywood Walk of Fame ini adalah trotoar di kedua sisi jalan Hollywoond Boulevard di pusat kota Los Angeles, yang dihiasi plakat bintang-bintang ternama dunia. Jumlahnya, 2752 bintang dan masih terus bertambah. Nggak heran, boulevard ini dikunjungi sampai 15 juta wisatawan setiap tahun. Terlebih di sepanjang jalan utama ini juga banyak atraksi wisata lain seperti TCL Chinese Theater, Guinness World of Records Museum,  Ripley’s Believe It or Not, serta Dolby Theater, tempat penyerahan Piala Oscar.

Nah, sebelum berkunjung ke boulevard yang ngetop ini, yuk kita ketahui dulu apa yang unik di sini dan bagaimana cara efektif untuk menemukan plakat bintang pujaan kita. Ingat, boulevard ini panjang lho, belum lagi banyak banget godaan di sepanjang jalan ini. Nggak ingin kan, kaki kita sudah kram duluan sebelum menemukan bintang pujaan hati?

1. Panjang Hampir 3 Kilometer
Walk of Fame ini membentang sepanjang 2,1 km di Hollywood Boulevard, dari yang paling barat berbatasan dengan La Brea Avenue dan di timur dengan Gower Street. Ini masih ditambah lagi dengan segmen pendek di Marshfield Way dan sepanjang 640 meter di Vine Street. Bisa dibayangin dong menyusuri jalan penuh bintang sepanjang ini. Kayaknya perlu seharian sendiri, kalau kaki masih kuat.


 

2. Ribuan Bintang dan Terus Bertambah
Sekarang ini ada 2.752 bintang di trotoar Hollywood Walk of Fame dan akan terus bertambah. Setiap tahun panitia menerima sekitar 200 nominasi, 20-30 di antaranya akan diterima. Bintang yang tidak lolos bisa dinominasikan ulang, dan jika sudah dua kali tidak lolos tidak boleh diusulkan lagi. Selebriti yang boleh menerima bintang ini terbagi dalam enam kategori: pemain film, pemain televisi, penyanyi, penyiar radio, pemain teater, dan mulai tahun 2023 ini ditambah kategori bintang olahraga.


3. Bukan Emas atau Perunggu
Monumen atau plakat Walk of Fame ini berbentuk bintang segi lima yang berlatar bahan teraso berwarna pink, dan ditempatkan dalam blok teraso segiempat berwarna hitam arang. Lambang bintang, nama selebriti, serta ikon bidang profesinya dibuat dari logam kuningan. Jadi bukan dari emas atau perunggu seperti yang banyak orang kira.

Setiap plakat bintang ini punya pola yang sama: 2 ujung bawah bintang sebagai ‘kaki’, 2 ujung kanan-kiri sebagai ‘tangan’, dan 1 ujung atas sebagai ‘kepala’. Nama selebriti ada di bawah kepala ini, diikuti di bawahnya ikon bidang profesinya. Jarak antara plakat bintang yang satu dengan lainnya 1,8 meter.


4. Penerima Bintang Pertama adalah…
Bukan Marilyn Monroe atau Elvis Presley, melainkan aktris Joanne Woodward, pada tanggal 9 Februari 1960. Bintang Joanne Woodward ini ada di 6801 Hollywood Blvd., dekat persimpangan Highland Avenue. Joanne Woodward ini aktris terkenal di zamannya, yang meraih Piala Oscar lewat film The Three Faces of Eve. Bintang Marilyn Monroe sendiri ada di 6776 Hollywood Blvd. di depan McDonald’s.

Sedangkan bintang Elvis Presley di 6777 Hollywood Blvd. dekat patung Four Ladies of Hollywood, berdampingan dengan bintang The Beatles.


5. Muhammad Ali Beda Sendiri
Bintang petinju Muhammad Ali adalah satu-satunya yang tidak berada di trotoar, melainkan di  dinding Gedung Dolby Theater (dulu Kodak Theater). Ini atas permintaan Muhammad Ali sendiri, yang tidak ingin nama ‘Muhammad’ dilalui orang-orang yang lewat. Permintaan ini dihormati oleh pihak Walk of Fame, dan sejak tahun 2002 nama Muhammad Ali terpampang di dinding teater ini.


6. Ada Juga Jejak Kaki Hewan
Nggak cuma manusia, tokoh kartun juga diabadikan di sini. Misalnya Bugs Bunny, The Simpsons, hingga Mickey Mouse. Beberapa hewan peliharaan seperti Grumpy Cat, Lassie, dan Rin Tin Tin juga diberi penghargaan dengan mencetak jejak kaki mereka di trotoar. Ada juga selebriti yang membubuhkan tanda tangan di bawah bintangnya, ada pula bintang yang diberi keterangan khusus, seperti Jennifer Lopez yang menjadi bintang ke-2.500 pada bulan Juni 2013. Pihak Walk of Fame sengaja merahasiakan lokasi jejak kaki dan tanda tangan ini sebagai elemen kejutan bagi pengunjung yang menjelajahi jalanan ini.


7. Pusing, Tidak Urut Abjad!
Bintang-bintang di Hollywood Walk of Fame tidak dipasang urut abjad ataupun searah, dan ini kadang membuat pusing wisatawan yang ‘pinginnya cepet’. Ketidakteraturan ini selain karena memang disengaja, juga karena beberapa pertimbangan desain dan ketersediaan tempat di trotoar.

Kalau ingin tahu letak bintang favorit kita dengan tepat dan cepat, paling gampang dengan menginstal aplikasi Official Walk of Fame dari Play Store atau Apps Store. Tinggal ketik nama bintang di fitur search, ketemu deh. Misal kita search ‘Anne Hathaway’ maka alamat bintangnya di 6927 Hollywood Blvd. Klik tanda petanya, maka akan ditunjukkan lokasi tepatnya dengan gedung atau penanda lain di dekatnya.


|8. Bintang Kosong dan Bintang Palsu
Banyak juga lho bintang kosong atau tanpa nama di trotoar Hollywood Walk of Fame, yang biasa disebut ‘blank stars’ atau ‘terrazzo blanks’. Ini sebenarnya bagian dari desain awal yang disiapkan sebagai cadangan untuk pengembangan masa depan. Namun sekarang bintang-bintang kosong ini tidak lagi digunakan untuk menambah nama selebriti baru. Jadi, dibiarkan saja sebagai bagian dari sejarah dan warisan Hollywood Walk of Fame.

Ada juga beberapa bintang palsu yang muncul secara ilegal, dan biasanya dibuat oleh orang-orang kreatif sebagai bentuk ekspresi seni atau protes. Contohnya, bintang palsu Donald Trump yang dibuat tahun 2016 oleh seorang seniman bernama Plastic Jesus sebagai bentuk protes. Padahal bintang asli Donald Trump sendiri sudah ada di 6821 Hollywood Blvd. Bintang palsu ini kemudian dihapus oleh petugas Hollywood Walk of Fame.


9. Bayar Dulu 75 Ribu Dollar
Mau diabadikan di Walk of Fame ini pastinya nggak gratis. Dulu awalnya setiap bintang yang lolos nominasi diwajibkan membayar USD 15,000 untuk biaya pembuatan dan pemeliharaan bintang. Sekarang sudah meningkat jadi USD 75,000. Sang selebriti juga mesti hadir saat peresmian pemasangan bintangnya.


10. Mau Bertemu Langsung Si Selebriti?
Kalau ingin ke Hollywood Walk of Fame pas ada pemasangan bintang baru, kita bisa cek dulu ke  www.walkoffame.com. Di sini ada informasi terbaru tentang acara-acara pemasangan bintang yang akan datang, termasuk tanggal, waktu, dan lokasi acara. Di aplikasi Official Walk of Fame tidak ada informasi ini. Cara lain adalah dengan mengikuti akun media sosial Hollywood Walk of Fame di Twitter, Facebook, atau Instagram (@hwdwalkoffame).

Copyrights © 2022 Obaja Tour. All Rights Reserved